ikanku bagus

Selasa, 10 April 2012

Menulis Berita dengan Rumus 5W+1H


W1 = What
W2 = Who
W3 = When
W4 = Where
W5 = Why
H = How

1. WHAT dalam bahasa indonesia adalah “Apa“. Bisa diartikan apa yang akan kita tulis atau tema yang akan kita tuangkan dalam bentuk tulisan. What bisa diartikan apa saja. Seperti kita membicarakan, “Apakah Manohara yang di Malaysia akan kembali ke pelukan ibunya yang ada di Indonesia ?. Dan perlu di ingat, “WHAT” merupakan dasar dari 4 W lainnya.

2. WHO dalam bahasa indonesia adalah “SIAPA“. Bisa di ibaratkan tokoh cerita dari “WHAT“. Misalkan contoh dalam kasus Antasari, Nasrudin dan Rani. Sebagai penulis kita harus mengerti bagian point ini. Yakni harus berkaitan dengan “WHAT“. Karena akan membuat suatu tulisan itu menjadi hal yang menarik untuk disimak selanjutnya.

3. WHEN diartikan adalah “Kapan” atau bisa disebut “Waktu Kejadian dari WHat“. Ini adalah hal yang ringan tetapi menjadi bumbu penulisan yang menjadi pertanyaan. “Kapan penembakan Nasrudin itu terjadi ?”. Selain itu bisa menjadikan suatu imajinasi atau bayangan sang pembaca.

 4. WHERE diartikan dengan tempat kejadian WHAT. Ini adalah bumbu lain yang berkaitan dengan “WHAT”. Seperti “Dimana Manohara sekarang ini ? Apakah masih bersama sang Pangeran Malaysia ? ” saling berkaitan bukan.

5.  WHY diartikan sebagai “MENGAPA terjadi dalam point WHAT“. Ini adalah penjelasan dari penulisan yang sedang dibuat, semuanya dikupas tuntas di bagian ini. Seperti contoh sebagai berikut “Mengapa terjadi pembunuhan terhadap Ketua KPK indonesia  apakah hukum akan bertindak demi sebuah keadilan dan menguak tuntas kebenaran.”

6. HOW diartikan “Bagaimana dari point What itu terjadi”, seperti jalannya proses, lika – liku dan lain – lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar