Senin, 30 April 2012

ULANG TAHUN SAHABATKU
Puisi Mariyanti

Sang kuasa adil .
Memberi kita kehidupan mulia .
Teman yang mengerti keadaan .
Menuang keikhlasan .
Menimbun kebencian .
Membendung kesedihan .
Mencerahkan keceriaan .
Semua berarti .

Kelak saat kita berpisah nanti .
Dan kalau pun kelak kita di satukan kebali
dalam umur yang sudah ditentukan sang kuasa .
Keikhlasan masa lalu itu muncul .
Karena sosok seorang teman sepertimu .
Bagiku sangat lah spesial .
Dari yang tidak kenal
lalu berkenalan .
Karena keramahan .
Terima kasih kamu telah mau menerimaku sebagai seorang teman .


(MARIA NOMBALA STTS)

Rabu, 18 April 2012

DERET FIBINACCI

        Orang Kristen menolak angka nol; namun pedagang dalam melakukan transaksi membutuhkan angka nol. Alasan yang dipakai oleh Fibonacci adalah nol sebagai batas. Apabila diperoleh hasil negatif berarti kerugian. Orang yang mengenalkan angka nol ini ke dunia Barat adalah Leonardo dari Pisa. Meskipun ayahnya seorang Konsul sekaligus pedagang, profesi Fibonacci – tidak mau menjadi konsul, adalah seorang pedagang. Anak muda – yang lebih dikenal dengan nama Fibonacci – belajar matematika dari orang-orang Islam dan menjadi matematikawan piawai dengan cara belajar sendiri. Menemukan deret bilangan yang diberi nama seperti namanya. Deret Fibbonacci yaitu: 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987 …
Pola deret di atas terbentuk dari susunan bilangan berurutan (dari kecil makin besar) yaitu merupakan penjumlahan dua bilangan sebelumnya. Angka 3, urutan kelima, adalah hasil penjumlahan 1 (urutan 3) + 2 (urutan 4); angka 5 urutan keenam, adalah hasil penjumlahan 2 (urutan 4) + 3 (urutan 5); angka 8 urutan ketujuh, adalah hasil penjumlahan 3 (urutan 5) + 5 (urutan 6) dan seterusnya. Deret di atas mampu menjawab problem kelinci beranak-pinak, alur bunga lily, pola dan jumlah mata nanas, jumlah kelopak dan alur spiral bunga jenis-jenis tertentu. Lewat deret Fibonacci ini dapat diketahui urutan atau alur yang akurat pada alam. Ukuran ruangan binatang berkulit lunak (moluska) yang berbentuk spiral, nautilus *; jumlah searah jarum jam atau berlawanan jarum jam ‘mata‘ nanas, jumlah kelopak bunga matahari dan ada 2 alur spiral (ke kanan 34 dan ke kiri 55) sesuai dengan deret Fibonacci.

The Golden section in architecture

The ancient Greeks knew of a rectangle whose sides are in the golden proportion (1 : 1.618 which is the same as 0.618 : 1). It occurs naturally in some of the proportions of the Five Platonic Solids (as we have already seen). A construction for the golden section point is found in Euclid's Elements. The golden rectangle is supposed to appear in many of the proportions of that famous ancient Greek temple, the Parthenon, in the Acropolis in Athens, Greece but there is no original documentary evidence that this was deliberately designed in. (There is a replica of the original building (accurate to one-eighth of an inch!) at Nashville which calls itself "The Athens of South USA".)

The Acropolis (see a plan diagram or Roy George's plan of the Parthenon with active spots to click on to view photographs), in the centre of Athens, is an outcrop of rock that dominates the ancient city. Its most famous monument is the Parthenon, a temple to the goddess Athena built around 430 or 440 BC. It is largely in ruins but is now undergoing some restoration (see the photos at Roy George's site in the link above).
Again there are no original plans of the Parthenon itself. It appears to be built on a design of golden rectangles and root-5 rectangles:
  • the front view (see diagram above): a golden rectangle, Phi times as wide as it is high
  • the plan view: sqrt5 as long as the front is wide so the floor area is a square-root-of-5 rectangle
However, due to the top part being missing and the base being curved to counteract an optical illusion of level lines appearing bowed, these are only an approximate measures but reasonably good ones.
The Panthenon image here shows clear golden sections in the placing of the three horizontal lines but the overall shape and the other prominent features are not golden section ratios. Libero Patrignani - Pantheon
Pantheon, Libero Patrignani



 
Sidik Jari Tuhan

wisnuprayudha


Seorang kawan dari Mekkah menelepon seusai ritual Haji 2007 lalu. Dia tak sabar untuk menyampaikan apa yang ditemukannya.

“Sidik Jari Tuhan itu ternyata memang ada ya”.  Katanya, terdengar haru karena bahagia di telepon.

Dia pernah mendengarkan pernyataan ini di acara saya di radio Pesona FM. Dalam pengalamannya di Masjidil Haram, Mekkah itu, katanya, semua kejadian di masa lalu yang disembunyikan rapat-rapat selama ini tak kuasa ia sembunyikan lagi. Semuan terbuka, menganga lebar dan dihadirkan di hadapannya.

“Apa yang bisa kita sembunyikan di kediaman-Nya. Semua yang saya sembunyikan itu merupakan keburukan yang datang dari saya. Saya yang membuatnya. Saya tahu sekarang, Wis. Semua perbuatan baikku yang sesungguhnya merupakan Sidik Jari Tuhan. Ini yang harus saya besarkan. Saya melihat diri saya adalah yang ini, yang Sidik Jari Tuhan ini. Bukan sidik jari yang saya sembunyikan itu. Saya kok kerdil sekali....“  

Ahaa....!! Senang juga, mengetahui kawan menemukan keistimewaan menyangkut rahasia dirinya. Kebaikan yang ditinggalkan dalam jejak-jejak kehidupannya. Menemukan  Sidik Jari Tuhan dalam dirinya. Sidik jari, dalam pemahaman saya, jejak yang kita tinggalkan di suatu tempat dalam sebuah momen kehidupan. Tak ada cara yang bisa kita pakai untuk menghapus setiap jejak-jejak yang kita tinggalkan itu. Jejak itu bahkan melekat dengan diri kita. Jejak fisiknya boleh terhapus. Tapi tidak dalam memori nurani kita. Dan tidak juga bagi dunia. Ia akan tercatat sebagai sejarah yang kita ukir tentang diri kita, bagi dunia. Kemana pun kita pergi, ia selalu kita bawa. Itulah agaknya, menurut Gede Prama, sahabat yang kerap saya ajak ngobrol di radio pesona FM, beberapa kali menggunakan istilah ini dalam kaitannya dengan pencarian cinta diri kita secara spiritual. Carilah Sidik Jari Tuhan dalam setiap perbuatan kita. Agar jejak yang kita tinggalkan memantulkan kebaikan bagi dunia.

Sekedar perbandingan. Dalam kriminilogi, istilah ini rupanya digunakan untuk menelusuri jejak siapa pelaku sebuah perbuatan. Bedanya, dalam spiritual, istilah ini digunakan untuk menegaskan bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan tak bisa lekang dari pantauan Tuhan. Kalau kriminolog menggunakannya sebagai alat bukti bahwa kitalah pelakunya. Maka spiritualis menggunakannya untuk kita “menangkap” siapa diri kita dalam momen-momen kejadian yang pernah kita lewati itu. Tidak akan pernah bisa kita bersembunyi dari jejak kita sendiri.

Tak ada perbuatan yang tidak diketahui Tuhan. Itulah sebabnya, selalau ada ada Sidik Jari Tuhan dalam setiap momen yang kita lalui dalam kehidupan. Bahwa Tuhan itu terasa hadir atau tidak, tergantung bagaimana kita memaknai setiap momen-momen itu. Dalam Islam, orang-orang yang paham betul sistem kerja Sidik Jari Tuhan ini disebut orang-orang Muhsinin. Mereka tahu betul hukum kerja Sidik Jari Tuhan ini. Bahwa mereka tidak bisa melihat Tuhan itu bukan lagi yang mereka soalkan. Tuhan melihat mereka dan tidak merasa diawasi-Nya, itu yang terpenting.  Karena orang yang ihsan biasanya kesadaran spiritualnya mengawasi dirinya sendiri. Itu hebatnya. Sehingga yang mereka ukir dalam kehidupan adalah Sidik Jari Tuhan berupa kebaikan bagi dunia.

Anda termasuk orang yang seringkali dipuji dan dimuliakan?. Berbahagialah karena Anda memiliki Sidik Jari Tuhan yang, menurut manusia, pantas dimuliakan. Kebaikan Anda telah menjadi sidik jari itu. Dan diri Anda adalah kebaikan itu. Tapi ingatlah, kata Sufi Syeik Athailah As-Sakandari dalam salah satu buku terpopulernya al-Hikam, bahwa ketika orang memuliakan Anda sebenarnya mereka tengah memuji kerapihan cara Tuhan menutupi kelemahan dan kejelekan Anda. Seandainya orang mengetahui kejelekan Anda, tentu saja, mereka tidak akan mau memuliakan Anda. Hanya Tuhanlah yang memuliakan Anda, meski Anda masih menyimpan sejumlah kejelekan yang Anda rahasiakan.

Maka tinggalkanlah Sidik Jari Tuhan dalam setiap peristiwa di mana kita terlibat di dalamnya. Di mana saja, kapan saja. Kita berbuat baik karena Tuhan. Karena Sidik Jari-Nya. Karena ingin dimuliakan-Nya. Bukan karena manusia dan apalagi untuk sekedar dimuliakan manusia.*****

Selasa, 17 April 2012


PENELITAN DI DESA KENTENG

 PAPER


Disusun untuk memenuhi
salah satu tugas mata kuliah yang diampu oleh:
Fibry Jati Nugroho S.Th.

Disusun oleh:
Maria Nombala

SEKOLAH TINGGI TEOLOGIA SANGKAKALA
KAB. SEMARANG
2011


DAFTAR ISI

     BAB  I  : PENDAHULUAN……………………………………………………………… 3
                     A : LATAR BELAKANG………………………………………………………….. 3

    BAB II : DESA KENTENG……………………………………………………………... 4
                    A :  PENELITIAN DESA KENTENG……………………………………………. 4

                    B : CARA PENGENJILAN KE DESA KENTENG…………………………….. 12
BAB  III   : KESIMPULAN…………………………………………………………………. 16



BAB I
PENDAHULUAN
A.     LATAR BELAKANG

Penulis mencoba meneliti kelompok masyarakat dan meminta pendapat dari masyarakat sekitar yang dapat membantu penulis untuk memberikan informasi tentang desa tersebut. Penulis berharap agar tulisan ini dapat membantu para pembaca dan bagi penginjil yang mau dating dan membawa Injil kedaerah tersebut dengan baik dan tanpa penolakan dari masyarakat sekitar. Dengan mengetahui tentang desa tersebut, maka penginjil dapat dengan sukses membawa jiwa baru dating dan menerima Yesus sebagai Tuhan dalam hidup mereka. Penulis juga berharap setelah membaca tulisan ini, para pembaca dapat membantu membangun desa tersebut, dan memberikan syarat positif bagi desa tersebut.
Desa kenteng adalah sebuah desa yang terletak di depan Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala (STTS), yang terletak di jalan raya kopeng. Desa tersebut terletak di kecamatan Getasan dan Kabupaten Semarang. Desa tersebut memiliki kelompok kelompok masyarakat yang beraneka ragam agama, kepercayaan, namun memilki mayoritas penduduk yang bersuku jawa. Desa tersebut merupakan kelompok masyarakatyang terbentuk dari pengikut pangeran diponeoro yang melarikan diri ke daerah tersebut. Hal tersebut dikatakan oleh kelompok masyarakat sekitar. “ desa kami menurut cerita dari orang yang terdahulu adalah terbentuk dari adanya pengikut pangeran diponegoro yang melarikan diri pada waktu perang”. Dan menurut pak daryanto dalam ceritanya pada waktu mengajar Etnografi dikelas kami adalah “desa kenteng tersebut menurut cerita adalah terbentuk karena adanya pengikut diponegoro yang melarikan diri kedaerah tersebut pada waktu perang”. Semua pendapat dari masyarakat tersebut dan pak daryanto, menurut penulis benar, karena cerita tersebut memiliki bukti adanya kuburan dari pengikut diponegoro tersebut.
Penulis mencoba meneliti kelompok masyarakat dan meminta pendapat dari masyarakat sekitar yang dapat membantu penulis untuk memberikan informasi tentang desa tersebut. Penulis berharap agar tulisan ini dapat membantu para pembaca dan bagi penginjil yang mau dating dan membawa Injil kedaerah tersebut dengan baik dan tanpa penolakan dari masyarakat sekitar. Dengan mengetahui tentang desa tersebut, maka penginjil dapat dengan sukses membawa jiwa baru dating dan menerima Yesus sebagai Tuhan dalam hidup mereka.
BAB II
DESA KENTENG
A.      PENELITIAN DI  DESA KENTENG

a.       Kelompok masyarakat desa kenteng
1.      Kelompok              : desa kenteng
2.      Alamat                   : desa kenteng, kec. Getasan, kab. Semarang.
3.      Kepala dusun         : Bapak Hardi
4.      Sumber                  : Bapak Hardi
: Ibu Hardi
: Bapak Daryanto
: Bapak Suparmin
: Bapak Sunardi
5.      Bentuk penelitian adalah langsung ke lapangan.
Banyak masyarakat yang bekerja sebagai petani, karena  kehidupan dan potensi rakyat sekitar sangat kurang karena pendidikan rakyat sekitar juga tidak terlalu tinggi. Akan tetapi pihak pemerintah selalu meningkatkan penghasilan rakyat didesa kenteng dengan baik.
1.      Sejarah desa Kenteng
Desa kenteng merupakan desa yang terletak di daerah kecamatan getasan, kabupaten semarang. Desa kenteng terletak tepat didepan STT SANGKAKALA yang terletak di jalan raya kopeng no 7. Desa kenteng terbentuk menurut rakyat sekitar karena kelompok orang tua dahulu yang datang kedaerah mereka tersebut, dan mereka memiliki keturunan dan membentuk desa yaitu menjadi desa kenteng. Ada juga yang berpendapat bahwa desa kenteng juga terbentuk karena adanya pengikut pangeran diponegoro yang melarikan diri kedaerah tersebut pada zaman perng dan membentuk sebuah desa. “ desa kenteng merupakan sebuah desa yang terbentuk karena adanya pengikut pangeran diponegoro yang melarikan diri kedaerah tersebut dan membentuk sebuah desa, hal tersebut ditandai dengan adanya kuburan pengikut pangeran diponegoro yang ada disekitar desa tersebut”.[1]  Akan tetapi, sekarang penduduk daerah kenteng merupakan gabungan dari penduduk asli sekitar dan pendatang yang datang kedaerah tersebut
2.      Adat Istiadat
Pada umumnya kelompok tersebut adalah bersuku jawa dan beragama Islam, Budha, dan Kristen. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dilihat penulis tentang adat istiadat dan cara hidup mereka dalam desa kenteng tersebut.
a.       Cara berpakaian
Cara berpakaian kelompok mereka kalau bergaul dengan masyarakat umumnya adalah sama seperti biasa masyarakat umumnya. Akan tetapi, mereka berpakaian dalam pekerjaan mereka memakai pakaian yang biasanya dipakai untuk bekerja. “orang desa kenteng kalau bekerja, berpakaian seperti yang mas lihat, tapi kalau dimasyarakat umumnya, kami berpakaian seperti biasa”[2].
b.      Tata karma
Kelompok tersebut mnempunyai tata karma dan sopan santun yang baik, karena mereka sadar akan kehidupan mereka yang berkumpul dalam satu desa dari kelompok masyarkat yang berbeda – beda, ada juga dari kelompok tersebut yang pendatang di daerah desa kenteng. Akan tetapi penulis berusaha untuk dapat diterima oleh mereka, sehingga penulis dapat diterima di desa mereka dengan baik dan mengadakan penelitian.
c.       Ritual
Kelompok tersebut tidak percaya kepada adanya penyebahan kepada jin atau roh halus, namun karena mereka memiliki agama islam, Budha, dan Kristen, mereka  menggunakan ritual atau adat seperti saparan yang diadakan sekali dalam setahun oleh penduduk setempat. Akan tetapi acara tersebut, bukan penyembahan untuk ritual kepada nenk moyang, namun kepercayaan untuk mengokohkan kekeluargaan desa tersebut.
3.      Pola hidup
Pola hidup mereka sama dengan masyarakat pada umumnya. Akan tetapi, penulis mencoba melihat dan menulis pola hidup mereka sesuai dengan kelompok mereka dan waktu mereka bersama dalam kelompok desa mereka tersebut.

a.       Sifat pekerjaan mereka
Kelompok tersebut bekerja dengan santai dan sesuai dengan kebutuhan waktu mereka . Pagi-pagi sekali, mereka berangkat bekerja untuk ada yang berangkat mencari makanan sapi, dan ada yang keladang, dan ada juga yang bekerja sebagai wira swasta dan ada juga yang PNS. Biasanya kelompok desa tersebut sangat sepi kalau semuanya pergi bekerja sesuai dengan profesi mereka. Mereka bekerja sesuai waktu dan tidak mendapat aturan dari pememimpin mereka karena beternak, bertani, dan wiraswasta lainnya tidak perlu ada yang memimpin dan mereka sendiri yang memimpin mereka, dan mereka harus bekerja sesuai waktu dan rencana yang ada yang mereka buat sendiri. Akan tetapi, kalu yang PNS, mereka bekerja sesuai waktu yang ditetapkan pemerintah.

b.      Cara bekerja
Kelompok tersebut bekerja dengan cara yang bekerja berpisah  antara satu dengan yang lain, sesuai dengan bagian kehidupan pekerjaan mereka masing-masing. Perlengkapan yang mereka bawa kalau bekerja adalah cangkul, sabit, parang dan garpu. Mereka setiap hari harus bekerja untuk dapat melangsungkan kehidupan mereka dan meningkatkan tingkat perekonomian mereka.

c.       Cara bergaul
Cara bergaul kelompok tersebut adalah bergaul dengan baik dan menerima orang baru denagn baik. Tipe mereka bergaul adalah selalu merendahkan diri dengan oramg lain kepada banyak orang dan kelompok tersebut selalu terbuka dengan masyarakat umumnya. Karena penduduk sekitar bersuku jawa, maka biasanya mereka selalu ramah dan lembut. Akan tetapi cara bergaul mereka dalam kehidupan masyarakat tersebut ada yang bergaul salah, sehingga mengakibatkan kenakalan remaja ada di desa tersebut. “ masalah yang ada di desa selama saya memimpin desa ini selama setahun adalah masalah kenakalan remaja”.[3]

d.      Pola makan
Kelompok ini mempunyai pola makan yang biasa-biasa dengan masyarakat umumnya dan mereka jarang membeli makanan dari luar karena mereka banyak yang berkeluarga dengan waktu yang banyak dirumah. Jadi, mereka biasanya selalu masak dirumah bagi keluarga mereka, namun mereka membawa makanan dari rumah kalau ada rencana mereka sampai seharian dalam pekerjaan mereka. Jadi, kalau mau penginjilan kedaerah dan kepada kelompok mereka haruslah dengan menjaga pola makan yang cukup dan sederhana, karena penduduk sekitar memiliki pola makan yang sederhana dan biasanya cukup sedikit.

e.       Tempat tinggal
Tempat tinggal kelompok tersebut adalah mereka mempunya tempat tinggal sendiri. Mereka mempunyai tempat tinggal yang  sederhana sampai ada juga yang megah. Akan tetapi, kalau siang hari sampai jam satu siang, desa tersebut biasanya sepi karena mereka bekerja. Desa kenteng juga memiliki daerah tempat tinggal yaitu beberapa RW dan RT, yaitu 1 RW dan 5 RT.

f.        Pola pikir kepada alam gaib
Kelompok tersebut percaya adanya jin dalam alam gaib, ada yang jin baik menurut mereka dan ada jin yang jahat menurut mereka. Kalau roh yang baik ialah yang membantu dan manusia dan roh yang buruk mengganggu manusia. Akan tetapi, walaupun penduduk tersebut percaya dengan demikian, mereka semua adalah orang – orang yang memiliki agama.

4.
Bahasa mereka pada umumnya kalau ada orang yang baru dalam kelompok mereka, mereka memakai bahasa Indonesia. Akan tetapi, kalau mereka sudah merasa dekat dengan orang tersebut, mereka menggunakan bahasa suku yaitu bahasa jawa, dan bahasa yang mereka pakai sehari – hari adalah bahasa jawa.
a.       Cara bertutur kata
Kelompok tersebut bertutur kata dengan baik dan sopan santunnya lebih tinggi dan lebih menjaga perasaan orang lain. Jadi, kalau mau diterima kelompok tersebut haruslah menghargai dan menjaga hati mereka, dan mereka juga bertutur kata dengan lemah lembut.
b.      Sopan santun
Kelompok tersebut tidak memilki tata tertib secara khusus, namun mereka mempunyai kebiasaan saling menegor satu sama lainnya, dan hal tersebut menandakan bahwa mereka dihargai. Kelompok tersebut tidak akan perduli dengan masyarakat yang tidak menegor mereka.
c.       Cara berbahasa
Mereka berbahasa dengan memakai bahasa Indonesia pada umumnya, dan bahasa jawa juga antara suku mereka. Mereka berbahasa dengan jelas dan mudah dimengerti. Jika, menggunakan bahasa Indonesia mereka lemah lembut dan jelas, dan kalau memakai bahasa jawa mereka memakai bahasa jawa biasa dan mudah dimengerti, dan juga ada yang orang tua yang memakai bahasa jawa yang asli, jadi, orang baru yang bukan bersuku jawa agak sulit dan bahkan tidak dimengerti orang baru  tersebut. Jadi, kalau mau menginjil di daerah tersebut, hendaklah mengerti dan dapat berbahasa jawa yang asli.
d.      Menguasai bahasa
Kelompok tersebut menguasai bahasa jawa dengan baik, karena usia mereka yang hidup di desa tersebut mayoritas banyak yang orang tua, dan memiliki usia tiga puluh tahun keatas. Mereka juga mengerti bahasa Indonesia, namun bahasa Indonesia yang umum digunakan mereka sangat lancar dan menguasai. Akan tetapi, kalau istilah – istilah yang rumit, mereka kurang mengerti artinya, karena mereka banyak dan mayoritas tidak bersekolah.
5.      Masyarakat
Kelompok tersebut dekat dengan masyarakat pada umumnya yang diluar mereka, karena tempat mereka tinggal dekat dengan jalan raya dan tempatnya juga tidak terlalu jauh dari kota dan tempat pembelanjaan kota salatiga. Akan tetapi, penulis mencoba melihat dan menulis kehidupan mereka dalam kelompok saja dengan kelompok lainnya.
a.       Pola hidup dengan orang lain
Kelompok tersebut mudah bergaul dengan kelompok masyarakat lain dan ramah kepada orang lain. Jika, orang tersebut datang kepada kelompok tersebut, dan kelompok tersebut tersebut juga dekat dengan kelompok sekitar desa tersebut, maupun orang yang baru datang dan tinggal sebagai masyarakat didaerah tersebut.
b.      Ciri utama kekerabatan mereka
Kelompok tersebut mempunyai ciri-ciri kekerabatan dengan saling tegur sapa. Mereka juga biasanya berbicara dengan khas yaitu kelemah lembutan kepada semua orang yang baru mereka kenal.
c.       Pendekatan
Pendekatan kepada mereka cukup dengan tegur sapa dan sopan santun dan mereka pasti membantu kalau ada keperluan yang sangat penting. Pendekatan kepada tokohnya itu cepat, karena kalau bias dekat dengan pemimpinnya, maka kita akan cepat bias diterima di daerah tersebut.
d.      Pandangan mereka terhadap dunia luar
Kelompok tersebut memandang dunia luar artinya manusia yang diluar kelompok dan desa  mereka adalah sama dengan mereka dan mereka sangat memandang dunia luar dengan respon yang baik dan menerima modrenisasi sebagai zaman yang baru yang harus diterima.
e.       Pandangan terhadap dunia spiritual
Kelompok tersebut memandang dunia spiritual yang ada di tengah – tengah hidup masyarakat harus disegani dan ditakuti oleh mereka karena takut. Orang – orang yang merupakan guru spiritual seperti pendeta, ustad dan tokoh agama lainnya, biasanya mereka selalu lebih menghargai dari pada orang biasanya.
6.    Ekonomi dan Pendidikan
Tingkat perekonomian mereka adalah ekonomi menengah ke atas. Dan penghasilan mereka setiap hari tidak menentu, tergantung seberapa rezeki mereka yang mereka terima dari Tuhan dan dari hasil dari pekerjaan mereka. Akan tetapi mereka bersyukur dan sadar bahwa mereka tidak mengharapkan lebih, karena mereka juga rata-rata hanya lulus SMA dan bahkan ada yang lulus tidak lulus dalam bersekolah. Sehingga potensi mereka juga tidak bisa mereka temukan dan kembangkan, padahal mereka itu adalah orang – orang yang berpotensi. Akan tetapi mereka sadar dengan pendidikanyang ada sehingga anak –anak mereka juga telah mereka mereka sekolahkan untuk mencapai cita – cita mereka.
Kelompok tersebut tidak berada dibawah politik siapapun. Dan mereka tidak dalam tekanan pemerintah dalam beribadah, namun mereka dibawah tekanan oleh organisasi agama dan kepercayaan yang mereka anut. jadi, kalau mereka pindah agama dan kepercayaan, mereka akan dikucilkan oleh penduduk yang seagama dengan mereka. Kelompok tersebut tidak dapat menerima penginjil dengan cepat dan mau percaya kepada Tuhan, karena mereka takut dikucilkan.
8.      Undang – undang dan hukum
Kelompok tersebut telah mendapat perhatian dari pemerintah. Mereka telah mendapat JAMKESMAS dan mendapat bantuan dari pemerintah. Jadi, kesetaraan telah ada bagi kelompok tersebut dengan masyarakat Indonesia lainnya. Akan tetapi, kesejahteraan desa dari pemerintah telah berjalan lancer semenjak dipimpin oleh bapak sunardi. “ kami sebagai pemimpin di desa ini, kami selalu berjuan untuk mensejahterahkan desa kami”.[4] Demikianlah penjelasan dari kepala dusun setempat. “ walaupun penduduk desa ada yang sukar membayar PBB dan kadang sudah ditagih, namun tidak langsung diberi oleh mereka, namun Ibu selalu bilang sama bapak tetap membantu mereka dengan tulus hati.”[5]
9.
Kelompok tersebut kalau ada yang sakit, mereka membawanya kepuskesmas. Penyakit yang sering mereka adalah penyakit lemah tubuh dan karena sudah ada yang tua. Dalam kelompok tersebut yang mengatur rumah tangga mereka adalah seorang ayah. Akan tetapi, kalau istri mereka meminta kepada mereka, mereka sangat menghargai apa yang diminta istri mereka. Dalam kesehatan mereka, biasanya mereka jarang mengalami penyakit aneh didaerah mereka, mungkin karena daerah tempat tinggal penduduk tersebut sangat segar dan masih banyak tumbuh – tumbuhan.

B.     CARA PENGINJILAN KE DESA KENTENG

Penginjilan adalah menyampaikan injil ALLAH kepada semua orang. penginjilan adalah cara orang percaya untuk memberitakan kabar baik kepada semua orang, agar orang lain juga dapat diselamatkan. “ Penginjilan adalah cara penyampain Injil Allah kepada semua orang, agar mereka dapat diselamatkan, karena Injil mereupakan kekuatan Allah yang menyelamatkan manusia dari semua dosa manusia.”[6] Dari pengertian tersebut, maka tugas penginjilan adalah tugas semua orang percaya kepada semua orang termasuk kepada desa kenteng tersebut.
Sebelum mengabarkan Injil kedaerah tersebut, sebaikanya penginjil memilki hati dan motivasi yang jelas dalam mengabarkanInjil ke daerah tersebut. Selain memiliki motivasi yang jelas, juga harus memiliki tujuan yang jelas dan harus tahu bagaimana cara agar diterima di daerah tersebut. Jadi, sangat penting penginjil untuk belajar tentang desa kenteng tersebut. Selain memilki hal tersebut, seorang penginjil yang mau masuk kedaerah tersebut haruslah memiliki hatin dan hubungan yang dekat dengan Tuhan, dan juga seorang penginjil harus mengerti Injil sebelum masuk kedaerah tersebut. Selain itu, seorang penginjil juga harus rajin berdoa, membaca Firman, dan memilki karakter yang mau berubah serta memiliki semangat dan hati yang mau dalam mewartakan Injil kepada penduduk sekitar. Akan tetapi, saat ini penulis hanya memberikan masukan kepada semua pembaca paper ini, apabila ingin masuk dan memberitakan Injil kedaerah tersebut dapat memakai cara yang diberikan oleh penulis, dan mungkin dapat membantu para penginjil untuk mewartakan Injil kedaerah tersebut.
1.      Penginjilan dengan kuasa
Penginjilan Kuasa tidaklah semua orang memiliki Iman yang sama. Jadi, penginjilan dengan kuasa hanya dapat dilakukan oleh orang yang memilki hubungan yang dekat dengan Tuhan. Akan tetapi, semua orang percaya dapat menggunakan atau dapat menginjil dengan kuasa Allah, asal orang percaya membuaka hati dan memilki Iman kepada Tuhan Yesus dengan sungguh – sungguh.
“Penginjilan dengan kuasa adalah penginjilan dengan menggunakan kuasa Tuhan, dan pimpinan Roh Kudus untuk dapat memberitakan Injil dengan ditandai kuasa dan mujizat Allah, sehingga dengan hal tersebut, masyarakat sekitar dapat mengenal Kristus”.[7] Dari pengertian tersebut jelaslah bahwa seorang penginjil apabila menginjil dengan penginjilan Kuasa Allah haruslah menjaga hidupnya agar Fokus kepada Tuhan Dengan melakukan penginjilan dengan Kuasa, mungkin seorang penginjil yang masuk kedaerah Kenteng akan mudah diterima oleh penduduk tersebut dan mereka dapat mengenal Kristus dalam Kehidupan mereka dan mereka akan percaya kepada Yesus Kristus.

2.      Penginjilan dengan persahabatan
Penginjilan denganbersahabat adalah penginjilan dengan bersahabat kepada penduduk sekitar dan mau mengikuti dan menerima cara hidup penduduk sekitar, dan mau menerima budaya mereka yang tidak melanggar aturan iman Kristen. Kalau melanggar iman Kristen, mungkin cara budaya desa tersebut harus diubah konsep pemikiran mereka terhadap Tuhan, sehingga tidak menimbulkan perselisihan. Penginjilan dengan persahabatan adalah berusahalah agar diterima di daerah tersebut dan lakukan pekerjaan yang baik, dan menjadi contoh didaerah tersebut. Berusahalah tidak menyinggung hati masyarakat sekitar agar tidak menimbulkan kebencian terhadap penginjil. Maka dengan dapat diterima dan menjadi contoh yang baik, mungkin seorang penginjil akan dilihat hidupnya sehingga dengan memberikan yang terbaik di desa tersebut, masyarakat dapat mengenal Injil dan menerima Yesus sebagai Tuhan dalam hidup mereka.
3.      Penginjilan dengan membantu mereka
Penginjilan dengan membantu mereka adalah penginjilan dimana seorang penginjil dapat membantu aspek kehidupan penduduk setempat dan dapat menjadi garam dan terang di tengah – tengah desa tersebut. Ada beberapa cara yang diusulkan penulis untuk melakukan penginjilan dengan membantu mereka yaitu 

a.    Membuat pasar murah
Pasar murah adalah penjualan sembako dan barang – barang lain yang dijual dengan harga yang lebih murah dari harga took dan harga biasanya. Penjualan sembako murah merupakan cara yang diusulkan penulis untuk dapat dilakukan penginjil, ataupun lembaga gereja atau organisai untuk dapat mewartakan Injil kedaerah tersebut. Pasar murah tersebut dapat dilakukan karena desakan kebutuhan manusia yang semakin tinggi, khususnya di daerah tersebut membutuhkan hal tersebut. Dengan membuat pasar murah, mungkin Injil dapat diberitakan dan hal tersebut adalah cara menunjukkan kasih Kristus bagi mereka.
            Ada beberapa gerja yang telah membuat pasar murah dan berhasil dalam pelayanan mereka dalam memberitakan Injil dan banyakl jiwa dimenangkan. “ gereja yang Tuhan percayakan kepada kami, mengalami peningkatan jumlah jiwa baru setiap Tahun, itu semua diawali dengan kami bergerka membuat pasar murah dan memberikan orang – orang miskin makan, dengan hal tersebut merka dapat merasakan kasih Yesus.”[8] Jelaslah memang cara tersebut berhasil, dan dapat dikembangkan oleh setiap penginjil yang mau masuk kedaerah tersebut, namun hal ini bukanlah cara yang utama atau yang harus dilakukan. Hal ini adalah salah satu cara saja yang disarankan oleh penulis.
b.    Membuat rumah pintar

Membuat Rumah Pintar adalah istilah untuk menolong masyarakat dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan prestasi anak sekolah maupun memberikan informasi bagi masyarakat sekitar. Rumah pintar merupakan cara yang diusulkan oleh penulis untuk dapat dikerjakan didaerah tersebut, karena melihat kurangnya potensi masyarakat didaerah tersebut. Akan tetapi, rumah pintar bukanlah cara yang utama, namun juga banyak cara yang dapat dikembangkan oleh penginjil yang mau memberitakan Injil ke daerah tersebut.

Ada yang telah melakukan dan mengerjakan rumah pintar didaerah tersebut yaitu sebuah keluarga kasih yang dipimpin oleh mami agnes, nama tersebut adalah sebutan bagi mbk agnes yang merupakan pemimpin di tempat tersebut. “ awal mulanya kami ditolak, karena kami memberikan les bagi anak – anak sekitar, namun saat ini, kami telah menjadi berkat buat desa Kenteng ini, kami telah berdiri dua tahun dan telah diterima oleh penduduk sekitar, dan orang yang mau les ditempat kami, biasanya mendapat juara. Jadi, kami hanya memberikan hasil yang maksimal.”[9] Jadi, jelaslah, bahwa peningkatan mutu pendidikan didaerah tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, jelas juga sangat penting dilakukan, karena ytelah ada sebauh oraganisasi yang berhasil melakukannya berhasil. Demikianlah penulis menulis dan memberikan usul tersebut untuk dapat dikembangkan dengan baik.


BAB  III
KESIMPULAN
   Kelompok masyarakat tersebut adalah kelompok masyarakat yang hidup dengan nyaman dan baik, dan hidup dengan adat istiadat jawa yang kental, walaupun hidup dengan kepercayaan yang berbeda-beda, namun masyarakat tersebut dapat menerima perbedaan. Pola kehidupan masyarakat tersebut adalah pola hidup yang rukun dan damai dan memiliki tutur kata yang lembut, sopan santun diantara sesama manusia.
Selain hal tersebut, masyarakat tersebut adalah masyarakat yang dapat menerima perbedaan yang ada dengan baik dengan orang yang baru yang masuk kedaerah tersebut, asal dengan sopan santun dan tidak membuat kekacauan. Kehidupan ekonomi masyarakat sekitar adalah kehidupan masyarakat yang memiliki ekonomi menengah kje bawah. Akan tetapi, mereka selalu bersyukur dengan apa yang mereka terima dari Tuhan.
Selain hal tersebut, masyarakat sekitar kenteng memeilki tarap pendidikan yang menengah kebawah yaitu SMA, dan respon masyarakat tersebut dengan kehidupan politik tidak mempengaruhi masyarakat tersebut. Karena menurut mereka yang penting hidup damai dan aman itu cukup bagi mereka. Demikianlah penulis dapat menyimpulkan tulisan tersebut yang bertujuan untuk membantu pembaca mendapatkan informasi tentang daerah tersebut.



[1] Informasi dari bapak Daryanto.
[2] Wawancara dengan bapak Suparmin.
[3] Wawacara dengan bapak Hardi.
[4] Wawancara dengan bapak Hardi.
[5] Wawancara dengan ibu Hardi.
[6] Diktat pak Samuel Wasikin, S.Th.
[7] Ibid.
[8] Kata – kata dari bapak Viktor waktu diundang di Golden Times.
[9] Wawancara dengan Mbak Agnes.

Kamis, 12 April 2012

AKU KEHILANGANNYA



Pengarang: Riyanti

Kadang…
Ada cocok dalam Hati
Namun,semuanya tak sejalan
Ia menutup diri tak seperti biasanya
Entah,apa yang hadir dalam Hidupnya kini
Ada kehilangan untuk mengerti Dirinya
Saat ini…

Kadang…
Ingin sekali mendengar kembali
Ia berucap, meskipun tak berarti
Mungkin, Ia menahan semua itu
Atau kini Ia tak ingin berungkap padaku lagi
Seperti sediakala…

Entahlah,seperti ada rasa Cemburu tuk menghargai Pribadinya

BY: RIYANTI








DI MANA KU HARUS MENCARI

Pengarang: Charly


Kuhembuskan nafasku dalam hidup
Indah kesunyian dalam mimpi
Diam ku seribu bahasa
Diam menyimpan dalam perih
Sesumbar ku katakan aku bisa hidup sendiri
Tanpamu kawanku..... 

Namun dalam hati aku teriak
Teriak tiada henti
Menangis dalam kepedihan
Kesuyian yang selalu menemani
Dan selalu menghampiri
Selalu dan selalu.....

Hingga aku merasa lelah
Untuk melepaskannya dan meninggalkannya
Kapan kesunyian dan kehampaan ini pergi
Ku lepas dan ku tinggalkan
Kapan.....

Adakah secercah harapan
Menyelimuti diri dan merasuk ke hati
Adakah....
Dimana harus ku mencari?
Kawan pengganti seperti engkau.?. . ........ 

MARIA NOMBALA (STTS)


Selasa, 10 April 2012

Menulis Berita dengan Rumus 5W+1H


W1 = What
W2 = Who
W3 = When
W4 = Where
W5 = Why
H = How

1. WHAT dalam bahasa indonesia adalah “Apa“. Bisa diartikan apa yang akan kita tulis atau tema yang akan kita tuangkan dalam bentuk tulisan. What bisa diartikan apa saja. Seperti kita membicarakan, “Apakah Manohara yang di Malaysia akan kembali ke pelukan ibunya yang ada di Indonesia ?. Dan perlu di ingat, “WHAT” merupakan dasar dari 4 W lainnya.

2. WHO dalam bahasa indonesia adalah “SIAPA“. Bisa di ibaratkan tokoh cerita dari “WHAT“. Misalkan contoh dalam kasus Antasari, Nasrudin dan Rani. Sebagai penulis kita harus mengerti bagian point ini. Yakni harus berkaitan dengan “WHAT“. Karena akan membuat suatu tulisan itu menjadi hal yang menarik untuk disimak selanjutnya.

3. WHEN diartikan adalah “Kapan” atau bisa disebut “Waktu Kejadian dari WHat“. Ini adalah hal yang ringan tetapi menjadi bumbu penulisan yang menjadi pertanyaan. “Kapan penembakan Nasrudin itu terjadi ?”. Selain itu bisa menjadikan suatu imajinasi atau bayangan sang pembaca.

 4. WHERE diartikan dengan tempat kejadian WHAT. Ini adalah bumbu lain yang berkaitan dengan “WHAT”. Seperti “Dimana Manohara sekarang ini ? Apakah masih bersama sang Pangeran Malaysia ? ” saling berkaitan bukan.

5.  WHY diartikan sebagai “MENGAPA terjadi dalam point WHAT“. Ini adalah penjelasan dari penulisan yang sedang dibuat, semuanya dikupas tuntas di bagian ini. Seperti contoh sebagai berikut “Mengapa terjadi pembunuhan terhadap Ketua KPK indonesia  apakah hukum akan bertindak demi sebuah keadilan dan menguak tuntas kebenaran.”

6. HOW diartikan “Bagaimana dari point What itu terjadi”, seperti jalannya proses, lika – liku dan lain – lain.

Selasa, 03 April 2012

Menulis Novel Sebuah Kisah Nyata ...


 Menulis Cerpen Berdasarkan Kisah Nyata
To download image = right click image > click "Save Picture As". Enjoy...



Apakah ada cara dia tak bisa menuntutku?
 
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://answers.yahoo.com/question/index%3Fqid%3D20080724210906AAMbArP


Menganalisis Rejeki Dari Penulis



Manusia hidup di dunia perlu rezeki.  Baik berupa materi seperti makanan, pakaian tempat tinggal dan sebagainya atau yang bersifat non materi seperti ilmu, kasih sayang dan lainnya.  Namun, mencari rezeki tidak selalu mudah.  Terkadang, walau sudah kerja keras memeras keringat membanting tulang, rezeki yang diharapkan belum juga tergapai. Dalam buku ini, dipaparkan 7 jurus sakti untuk meraih rezeki.  Kiat-kiat atau jurus-jurus tersebut memang bisa dipraktekkan sebagian, namun tentu akan memberi hasil yagn lebih dahsyat apabila dikerjakan sekaligus secara sinergis.  



Dari ketujuh kiat yang disajikan dalam buku ini, mungkin hanya kiat pertama saja yang masuk akal.  Keenam kiat lainnya sekilas tidak berhubungan dengan perolehan rezeki apalagi yang bersifat materi seperti uang, rumah atau mobil.  Namun, logika memang tidak selamanya sesuai dengan kenyataan dan akal tidak selalu mampu menganalisa. Sudah banyak terbukti dengan adanya orang-orang yang kurang mampu namun mereka entah bagaimana bisa menunaikan ibadah haji yang sangat mahal ongkos dan biayanya.  



Kiat pertama, yaitu ikhtiar, bisa dibilang merupakan fondasi dari kiat-kiat atau jurus-jurus lainnya.  Jika diumpamakan pesilat, maka ikhitiar ini adalah kuda-kudanya.  Tanpa kuda-kuda yang kuat dan tangguh, sehebat dan seindah apapun jurus yang dimainkan, tidak akan ada gunanya.  Baru mengeluarkan satu atau dua jurus, kaki sudah tumbang terlebih dahulu dijegal oleh lawan.  Maka, tidak mengherankan apabila Khalifah Umar Bin Khattab pernah mengusir beberapa pemuda yang berdiam di masjid saat orang lain bekerja.  Umar mengatakan bahwa langit tidak akan mengeluarkan hujan emas, rezeki harus dijemput dengan ikhtiar yang benar dan sungguh-sungguh.  



Namun, ikhtiar semata tanpa ditunjang 6 jurus lainnya juga tidak akan banyak manfaatnya.  Dengan bekerja keras, seseorang bisa mendapatkan harta benda yang dia inginkan.  Namun, manusia memiliki kebutuhan lebih dari sekedar kebutuhan material.  Mereka membutuhkan cinta dan kasih sayang serta spiritualitas.  Orang yang hanya terpenuhi kebutuhan materialnya akan mudah stress dan frustasi.  Tumpukan stress itu akan membuat orang menjadi depresi dan patah semangat.  Bahkan bukan tidak mungkin sampai nekat bunuh diri.  



Oleh karena itu, kiat-kiat selain ikhtiar sangat membantu dalam perolehan rezeki lebih banyak lagi.  Misalnya, orang yang suka melaksakan sholat-sholat sunnah seperti Dhuha dan Tahajjud akan dekat pada Allah SWT sehingga banyak uruusannya yang dimudahkan dan bisa dapat rezeki tak terduga.  Sedangkan orang yang suka berbakti pada orang tua akan mendapat doa-doa dari keduanya.  Doa-doa tersebut akan membantu orang tersebut dalam ikhtiarnya mencari rezeki.  Sehingga, ikhtiar yang baik akan semakin baik apabila diiringi dengan 6 jurus atau kiat yang dijelaskan dalam buku ini.  



Selain menyajikan 7 jurus sakti untuk mendapat lebih banyak rezeki, buku ini juga dilengkapi kisah-kisah orang-orang yang sukses menjemput rezeki.  Orang-orang itu ada yang dari luar negeri maupun dari dalam negeri.  Sehingga, tidak ada lagi alasan yang berbunyi "terang aja dia sukses, dia kan dari suku ..., atau dia kan dari luar negeri dan sejenisnya.  



Buku ini memang terbilang sederhana jika dibandingkan dengan karya-karya sejenis seperti buku 7 Keajaiban Rezeki yang ditulis oleh Ippho Santosa misalnya.  Namun, kesederhanaan buku ini justru membuatnya lebih mudah dipahami dan dipraktekkan secara bertahap.  Ukuran yang kecil dan ringkas membuat buku ini mudah dibawa ke mana-mana.  Sehingga, bisa dibaca dengan mudah saat ada waktu luang di kantor atau saat dalam perjalanan.  Kita pun akan lebih siap untuk menyongsong dan menyambut rezeki lebih banyak lagi, Insya Allah.  (Muhammad Nahar)

http://wasathon.com/resensi-buku/read/mendobrak_pintu_rezeki_dengan_7_jurus_sakti_warisan_nabi/