ULANG TAHUN SAHABATKU
Puisi Mariyanti
Sang kuasa adil .
Memberi kita kehidupan mulia .
Teman yang mengerti keadaan .
Menuang keikhlasan .
Menimbun kebencian .
Membendung kesedihan .
Mencerahkan keceriaan .
Semua berarti .
Kelak saat kita berpisah nanti .
Dan kalau pun kelak kita di satukan kebali
dalam umur yang sudah ditentukan sang kuasa .
Keikhlasan masa lalu itu muncul .
Karena sosok seorang teman sepertimu .
Bagiku sangat lah spesial .
Dari yang tidak kenal
lalu berkenalan .
Karena keramahan .
Terima kasih kamu telah mau menerimaku sebagai seorang teman .
Senin, 30 April 2012
Rabu, 18 April 2012
DERET FIBINACCI
Orang Kristen menolak angka nol; namun pedagang dalam melakukan
transaksi membutuhkan angka nol. Alasan yang dipakai oleh Fibonacci
adalah nol sebagai batas. Apabila diperoleh hasil negatif berarti
kerugian. Orang yang mengenalkan angka nol ini ke dunia Barat adalah
Leonardo dari Pisa. Meskipun ayahnya seorang Konsul sekaligus pedagang,
profesi Fibonacci – tidak mau menjadi konsul, adalah seorang pedagang.
Anak muda – yang lebih dikenal dengan nama Fibonacci – belajar
matematika dari orang-orang Islam dan menjadi matematikawan piawai
dengan cara belajar sendiri. Menemukan deret bilangan yang diberi nama
seperti namanya. Deret Fibbonacci yaitu: 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21,
34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987 …
Pola deret di atas terbentuk dari susunan bilangan berurutan (dari
kecil makin besar) yaitu merupakan penjumlahan dua bilangan sebelumnya.
Angka 3, urutan kelima, adalah hasil penjumlahan 1 (urutan 3) + 2
(urutan 4); angka 5 urutan keenam, adalah hasil penjumlahan 2 (urutan 4)
+ 3 (urutan 5); angka 8 urutan ketujuh, adalah hasil penjumlahan 3
(urutan 5) + 5 (urutan 6) dan seterusnya. Deret di atas mampu menjawab
problem kelinci beranak-pinak, alur bunga lily, pola dan jumlah mata
nanas, jumlah kelopak dan alur spiral bunga jenis-jenis tertentu. Lewat
deret Fibonacci ini dapat diketahui urutan atau alur yang akurat pada
alam. Ukuran ruangan binatang berkulit lunak (moluska) yang berbentuk
spiral, nautilus *; jumlah searah jarum jam atau berlawanan jarum jam
‘mata‘ nanas, jumlah kelopak bunga matahari dan ada 2 alur spiral (ke
kanan 34 dan ke kiri 55) sesuai dengan deret Fibonacci.
The Golden section in architecture
The ancient Greeks knew of a rectangle whose sides are in the golden
proportion (1 : 1.618 which is the same as 0.618 : 1). It occurs naturally
in some of the
proportions of the Five Platonic Solids
(as we have already seen). A construction for the
golden section point is found in
Euclid's Elements.
The golden rectangle is supposed to appear in many of the proportions of that famous
ancient Greek temple, the Parthenon, in the Acropolis in
Athens, Greece but there is no original documentary evidence that this was deliberately
designed in.
(There is a replica of the original building (accurate to one-eighth of an inch!) at
Nashville
which calls itself "The Athens of South USA".)
Greek Temples (HC) Stuart Revett Buy This Art Print At AllPosters.com |
The Acropolis (see a plan diagram or Roy George's plan of the Parthenon with active spots to click on to view photographs), in the centre of Athens, is an outcrop of rock that dominates the ancient city. Its most famous monument is the Parthenon, a temple to the goddess Athena built around 430 or 440 BC. It is largely in ruins but is now undergoing some restoration (see the photos at Roy George's site in the link above).
Again there are no original plans of the Parthenon itself. It appears to be built on a design of golden rectangles and root-5 rectangles:
- the front view (see diagram above): a golden rectangle, Phi times as wide as it is high
- the plan view: 5 as long as the front is wide so the floor area is a square-root-of-5 rectangle
The Panthenon image here shows clear golden sections in the placing of the three horizontal lines but the overall shape and the other prominent features are not golden section ratios. |
Pantheon, Libero Patrignani |
Sidik Jari Tuhan
wisnuprayudha
Seorang kawan dari Mekkah menelepon seusai ritual Haji 2007 lalu. Dia tak sabar untuk menyampaikan apa yang ditemukannya.
“Sidik Jari Tuhan itu ternyata memang ada ya”. Katanya, terdengar haru karena bahagia di telepon.
Dia
pernah mendengarkan pernyataan ini di acara saya di radio Pesona FM.
Dalam pengalamannya di Masjidil Haram, Mekkah itu, katanya, semua
kejadian di masa lalu yang disembunyikan rapat-rapat selama ini tak
kuasa ia sembunyikan lagi. Semuan terbuka, menganga lebar dan dihadirkan
di hadapannya.
“Apa
yang bisa kita sembunyikan di kediaman-Nya. Semua yang saya sembunyikan
itu merupakan keburukan yang datang dari saya. Saya yang membuatnya.
Saya tahu sekarang, Wis. Semua perbuatan baikku yang sesungguhnya
merupakan Sidik Jari Tuhan. Ini yang harus saya besarkan. Saya melihat
diri saya adalah yang ini, yang Sidik Jari Tuhan ini. Bukan sidik jari yang saya sembunyikan itu. Saya kok kerdil sekali....“
Ahaa....!!
Senang juga, mengetahui kawan menemukan keistimewaan menyangkut rahasia
dirinya. Kebaikan yang ditinggalkan dalam jejak-jejak kehidupannya.
Menemukan Sidik Jari Tuhan dalam
dirinya. Sidik jari, dalam pemahaman saya, jejak yang kita tinggalkan
di suatu tempat dalam sebuah momen kehidupan. Tak
ada cara yang bisa kita pakai untuk menghapus setiap jejak-jejak yang
kita tinggalkan itu. Jejak itu bahkan melekat dengan diri kita. Jejak
fisiknya boleh terhapus. Tapi tidak dalam memori nurani kita. Dan tidak
juga bagi dunia. Ia akan tercatat sebagai sejarah yang kita ukir tentang
diri kita, bagi dunia. Kemana pun kita pergi, ia selalu kita bawa.
Itulah agaknya, menurut Gede Prama, sahabat yang kerap saya ajak ngobrol
di radio pesona FM, beberapa kali menggunakan istilah ini dalam
kaitannya dengan pencarian cinta diri kita secara spiritual. Carilah
Sidik Jari Tuhan dalam setiap perbuatan kita. Agar jejak yang kita
tinggalkan memantulkan kebaikan bagi dunia.
Sekedar
perbandingan. Dalam kriminilogi, istilah ini rupanya digunakan untuk
menelusuri jejak siapa pelaku sebuah perbuatan. Bedanya, dalam
spiritual, istilah ini digunakan untuk menegaskan bahwa setiap perbuatan
yang kita lakukan tak bisa lekang dari pantauan Tuhan. Kalau kriminolog
menggunakannya sebagai alat bukti bahwa kitalah pelakunya. Maka
spiritualis menggunakannya untuk kita “menangkap” siapa diri
kita dalam momen-momen kejadian yang pernah kita lewati itu. Tidak akan
pernah bisa kita bersembunyi dari jejak kita sendiri.
Tak
ada perbuatan yang tidak diketahui Tuhan. Itulah sebabnya, selalau ada
ada Sidik Jari Tuhan dalam setiap momen yang kita lalui dalam kehidupan.
Bahwa Tuhan itu terasa hadir atau tidak, tergantung bagaimana kita
memaknai setiap momen-momen itu. Dalam Islam, orang-orang yang paham
betul sistem kerja Sidik Jari Tuhan ini disebut orang-orang Muhsinin.
Mereka tahu betul hukum kerja Sidik Jari Tuhan ini. Bahwa mereka tidak
bisa melihat Tuhan itu bukan lagi yang mereka soalkan. Tuhan melihat
mereka dan tidak merasa diawasi-Nya, itu yang terpenting. Karena orang yang ihsan biasanya kesadaran spiritualnya mengawasi dirinya sendiri. Itu hebatnya. Sehingga yang mereka ukir dalam kehidupan adalah Sidik Jari Tuhan berupa kebaikan bagi dunia.
Anda
termasuk orang yang seringkali dipuji dan dimuliakan?. Berbahagialah
karena Anda memiliki Sidik Jari Tuhan yang, menurut manusia, pantas
dimuliakan. Kebaikan Anda telah menjadi sidik jari itu. Dan diri Anda
adalah kebaikan itu. Tapi ingatlah, kata Sufi Syeik Athailah As-Sakandari dalam salah satu buku terpopulernya al-Hikam,
bahwa ketika orang memuliakan Anda sebenarnya mereka tengah memuji
kerapihan cara Tuhan menutupi kelemahan dan kejelekan Anda. Seandainya
orang mengetahui kejelekan Anda, tentu saja, mereka tidak akan mau
memuliakan Anda. Hanya Tuhanlah yang memuliakan Anda, meski Anda masih
menyimpan sejumlah kejelekan yang Anda rahasiakan.
Maka
tinggalkanlah Sidik Jari Tuhan dalam setiap peristiwa di mana kita
terlibat di dalamnya. Di mana saja, kapan saja. Kita berbuat baik karena
Tuhan. Karena Sidik Jari-Nya. Karena ingin dimuliakan-Nya. Bukan karena
manusia dan apalagi untuk sekedar dimuliakan manusia.*****
Selasa, 17 April 2012
PENELITAN DI DESA KENTENG
PAPER
Disusun
untuk memenuhi
salah
satu tugas mata kuliah yang diampu oleh:
Fibry
Jati Nugroho S.Th.
Disusun
oleh:
Maria
Nombala
SEKOLAH
TINGGI TEOLOGIA SANGKAKALA
KAB.
SEMARANG
2011
DAFTAR
ISI
BAB I
: PENDAHULUAN……………………………………………………………… 3
A : LATAR BELAKANG………………………………………………………….. 3
BAB
II : DESA KENTENG……………………………………………………………...
4
A : PENELITIAN DESA KENTENG…………………………………………….
4
B : CARA PENGENJILAN KE DESA KENTENG……………………………..
12
BAB III :
KESIMPULAN…………………………………………………………………. 16
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Penulis
mencoba meneliti kelompok masyarakat dan meminta pendapat dari masyarakat
sekitar yang dapat membantu penulis untuk memberikan informasi tentang desa
tersebut. Penulis berharap agar tulisan ini dapat membantu para pembaca dan
bagi penginjil yang mau dating dan membawa Injil kedaerah tersebut dengan baik
dan tanpa penolakan dari masyarakat sekitar. Dengan mengetahui tentang desa
tersebut, maka penginjil dapat dengan sukses membawa jiwa baru dating dan
menerima Yesus sebagai Tuhan dalam hidup mereka. Penulis juga berharap setelah
membaca tulisan ini, para pembaca dapat membantu membangun desa tersebut, dan
memberikan syarat positif bagi desa tersebut.
Desa
kenteng adalah sebuah desa yang terletak di depan Sekolah Tinggi Teologi
Sangkakala (STTS), yang terletak di jalan raya kopeng. Desa tersebut terletak
di kecamatan Getasan dan Kabupaten Semarang. Desa tersebut memiliki kelompok
kelompok masyarakat yang beraneka ragam agama, kepercayaan, namun memilki
mayoritas penduduk yang bersuku jawa. Desa tersebut merupakan kelompok
masyarakatyang terbentuk dari pengikut pangeran diponeoro yang melarikan diri
ke daerah tersebut. Hal tersebut dikatakan oleh kelompok masyarakat sekitar. “
desa kami menurut cerita dari orang yang terdahulu adalah terbentuk dari adanya
pengikut pangeran diponegoro yang melarikan diri pada waktu perang”. Dan
menurut pak daryanto dalam ceritanya pada waktu mengajar Etnografi dikelas kami
adalah “desa kenteng tersebut menurut cerita adalah terbentuk karena adanya
pengikut diponegoro yang melarikan diri kedaerah tersebut pada waktu perang”.
Semua pendapat dari masyarakat tersebut dan pak daryanto, menurut penulis
benar, karena cerita tersebut memiliki bukti adanya kuburan dari pengikut
diponegoro tersebut.
Penulis mencoba
meneliti kelompok masyarakat dan meminta pendapat dari masyarakat sekitar yang
dapat membantu penulis untuk memberikan informasi tentang desa tersebut.
Penulis berharap agar tulisan ini dapat membantu para pembaca dan bagi
penginjil yang mau dating dan membawa Injil kedaerah tersebut dengan baik dan
tanpa penolakan dari masyarakat sekitar. Dengan mengetahui tentang desa
tersebut, maka penginjil dapat dengan sukses membawa jiwa baru dating dan
menerima Yesus sebagai Tuhan dalam hidup mereka.
BAB
II
DESA
KENTENG
A.
PENELITIAN DI DESA KENTENG
a. Kelompok
masyarakat desa kenteng
1. Kelompok : desa kenteng
2. Alamat : desa kenteng, kec. Getasan,
kab. Semarang.
3. Kepala
dusun : Bapak Hardi
4. Sumber : Bapak Hardi
:
Ibu Hardi
:
Bapak Daryanto
:
Bapak Suparmin
:
Bapak Sunardi
5. Bentuk
penelitian adalah langsung ke lapangan.
Banyak
masyarakat yang bekerja sebagai petani, karena
kehidupan dan potensi rakyat sekitar sangat kurang karena pendidikan rakyat
sekitar juga tidak terlalu tinggi. Akan tetapi pihak pemerintah selalu
meningkatkan penghasilan rakyat didesa kenteng dengan baik.
1. Sejarah
desa Kenteng
Desa kenteng merupakan desa yang terletak di daerah
kecamatan getasan, kabupaten semarang. Desa kenteng terletak tepat didepan STT
SANGKAKALA yang terletak di jalan raya kopeng no 7. Desa kenteng terbentuk
menurut rakyat sekitar karena kelompok orang tua dahulu yang datang kedaerah
mereka tersebut, dan mereka memiliki keturunan dan membentuk desa yaitu menjadi
desa kenteng. Ada juga yang berpendapat bahwa desa kenteng juga terbentuk
karena adanya pengikut pangeran diponegoro yang melarikan diri kedaerah
tersebut pada zaman perng dan membentuk sebuah desa. “ desa kenteng merupakan
sebuah desa yang terbentuk karena adanya pengikut pangeran diponegoro yang
melarikan diri kedaerah tersebut dan membentuk sebuah desa, hal tersebut
ditandai dengan adanya kuburan pengikut pangeran diponegoro yang ada disekitar
desa tersebut”.[1] Akan tetapi, sekarang penduduk daerah kenteng
merupakan gabungan dari penduduk asli sekitar dan pendatang yang datang
kedaerah tersebut
2. Adat
Istiadat
Pada umumnya kelompok tersebut adalah bersuku jawa
dan beragama Islam, Budha, dan Kristen. Akan tetapi, ada beberapa hal yang
dilihat penulis tentang adat istiadat dan cara hidup mereka dalam desa kenteng
tersebut.
a. Cara
berpakaian
Cara berpakaian kelompok mereka kalau bergaul dengan
masyarakat umumnya adalah sama seperti biasa masyarakat umumnya. Akan tetapi,
mereka berpakaian dalam pekerjaan mereka memakai pakaian yang biasanya dipakai
untuk bekerja. “orang desa kenteng kalau bekerja, berpakaian seperti yang mas
lihat, tapi kalau dimasyarakat umumnya, kami berpakaian seperti biasa”[2].
b. Tata
karma
Kelompok tersebut mnempunyai tata karma dan sopan
santun yang baik, karena mereka sadar akan kehidupan mereka yang berkumpul
dalam satu desa dari kelompok masyarkat yang berbeda – beda, ada juga dari
kelompok tersebut yang pendatang di daerah desa kenteng. Akan tetapi penulis
berusaha untuk dapat diterima oleh mereka, sehingga penulis dapat diterima di
desa mereka dengan baik dan mengadakan penelitian.
c. Ritual
Kelompok tersebut tidak percaya kepada adanya
penyebahan kepada jin atau roh halus, namun karena mereka memiliki agama islam,
Budha, dan Kristen, mereka menggunakan
ritual atau adat seperti saparan yang diadakan sekali dalam setahun oleh
penduduk setempat. Akan tetapi acara tersebut, bukan penyembahan untuk ritual
kepada nenk moyang, namun kepercayaan untuk mengokohkan kekeluargaan desa tersebut.
3. Pola
hidup
Pola hidup
mereka sama dengan masyarakat pada umumnya. Akan tetapi, penulis mencoba
melihat dan menulis pola hidup mereka sesuai dengan kelompok mereka dan waktu
mereka bersama dalam kelompok desa mereka tersebut.
a. Sifat
pekerjaan mereka
Kelompok
tersebut bekerja dengan santai dan sesuai dengan kebutuhan waktu mereka .
Pagi-pagi sekali, mereka berangkat bekerja untuk ada yang berangkat mencari
makanan sapi, dan ada yang keladang, dan ada juga yang bekerja sebagai wira
swasta dan ada juga yang PNS. Biasanya kelompok desa tersebut sangat sepi kalau
semuanya pergi bekerja sesuai dengan profesi mereka. Mereka bekerja sesuai
waktu dan tidak mendapat aturan dari pememimpin mereka karena beternak,
bertani, dan wiraswasta lainnya tidak perlu ada yang memimpin dan mereka
sendiri yang memimpin mereka, dan mereka harus bekerja sesuai waktu dan rencana
yang ada yang mereka buat sendiri. Akan tetapi, kalu yang PNS, mereka bekerja
sesuai waktu yang ditetapkan pemerintah.
b. Cara
bekerja
Kelompok
tersebut bekerja dengan cara yang bekerja berpisah antara satu dengan yang lain, sesuai dengan
bagian kehidupan pekerjaan mereka masing-masing. Perlengkapan yang mereka bawa
kalau bekerja adalah cangkul, sabit, parang dan garpu. Mereka setiap hari harus
bekerja untuk dapat melangsungkan kehidupan mereka dan meningkatkan tingkat
perekonomian mereka.
c. Cara
bergaul
Cara
bergaul kelompok tersebut adalah bergaul dengan baik dan menerima orang baru
denagn baik. Tipe mereka bergaul adalah selalu merendahkan diri dengan oramg
lain kepada banyak orang dan kelompok tersebut selalu terbuka dengan masyarakat
umumnya. Karena penduduk sekitar bersuku jawa, maka biasanya mereka selalu
ramah dan lembut. Akan tetapi cara bergaul mereka dalam kehidupan masyarakat
tersebut ada yang bergaul salah, sehingga mengakibatkan kenakalan remaja ada di
desa tersebut. “ masalah yang ada di desa selama saya memimpin desa ini selama
setahun adalah masalah kenakalan remaja”.[3]
d. Pola
makan
Kelompok
ini mempunyai pola makan yang biasa-biasa dengan masyarakat umumnya dan mereka
jarang membeli makanan dari luar karena mereka banyak yang berkeluarga dengan
waktu yang banyak dirumah. Jadi, mereka biasanya selalu masak dirumah bagi
keluarga mereka, namun mereka membawa makanan dari rumah kalau ada rencana
mereka sampai seharian dalam pekerjaan mereka. Jadi, kalau mau penginjilan
kedaerah dan kepada kelompok mereka haruslah dengan menjaga pola makan yang
cukup dan sederhana, karena penduduk sekitar memiliki pola makan yang sederhana
dan biasanya cukup sedikit.
e. Tempat
tinggal
Tempat
tinggal kelompok tersebut adalah mereka mempunya tempat tinggal sendiri. Mereka
mempunyai tempat tinggal yang sederhana
sampai ada juga yang megah. Akan tetapi, kalau siang hari sampai jam satu
siang, desa tersebut biasanya sepi karena mereka bekerja. Desa kenteng juga
memiliki daerah tempat tinggal yaitu beberapa RW dan RT, yaitu 1 RW dan 5 RT.
f.
Pola pikir kepada alam gaib
Kelompok
tersebut percaya adanya jin dalam alam gaib, ada yang jin baik menurut mereka
dan ada jin yang jahat menurut mereka. Kalau roh yang baik ialah yang membantu
dan manusia dan roh yang buruk mengganggu manusia. Akan tetapi, walaupun
penduduk tersebut percaya dengan demikian, mereka semua adalah orang – orang
yang memiliki agama.
4.
Bahasa mereka pada umumnya kalau ada orang yang baru
dalam kelompok mereka, mereka memakai bahasa Indonesia. Akan tetapi, kalau
mereka sudah merasa dekat dengan orang tersebut, mereka menggunakan bahasa suku
yaitu bahasa jawa, dan bahasa yang mereka pakai sehari – hari adalah bahasa
jawa.
a. Cara
bertutur kata
Kelompok
tersebut bertutur kata dengan baik dan sopan santunnya lebih tinggi dan lebih
menjaga perasaan orang lain. Jadi, kalau mau diterima kelompok tersebut
haruslah menghargai dan menjaga hati mereka, dan mereka juga bertutur kata
dengan lemah lembut.
b. Sopan
santun
Kelompok
tersebut tidak memilki tata tertib secara khusus, namun mereka mempunyai
kebiasaan saling menegor satu sama lainnya, dan hal tersebut menandakan bahwa
mereka dihargai. Kelompok tersebut tidak akan perduli dengan masyarakat yang
tidak menegor mereka.
c. Cara
berbahasa
Mereka
berbahasa dengan memakai bahasa Indonesia pada umumnya, dan bahasa jawa juga
antara suku mereka. Mereka berbahasa dengan jelas dan mudah dimengerti. Jika,
menggunakan bahasa Indonesia mereka lemah lembut dan jelas, dan kalau memakai
bahasa jawa mereka memakai bahasa jawa biasa dan mudah dimengerti, dan juga ada
yang orang tua yang memakai bahasa jawa yang asli, jadi, orang baru yang bukan
bersuku jawa agak sulit dan bahkan tidak dimengerti orang baru tersebut. Jadi, kalau mau menginjil di daerah
tersebut, hendaklah mengerti dan dapat berbahasa jawa yang asli.
d. Menguasai
bahasa
Kelompok
tersebut menguasai bahasa jawa dengan baik, karena usia mereka yang hidup di
desa tersebut mayoritas banyak yang orang tua, dan memiliki usia tiga puluh
tahun keatas. Mereka juga mengerti bahasa Indonesia, namun bahasa Indonesia
yang umum digunakan mereka sangat lancar dan menguasai. Akan tetapi, kalau
istilah – istilah yang rumit, mereka kurang mengerti artinya, karena mereka
banyak dan mayoritas tidak bersekolah.
5. Masyarakat
Kelompok tersebut dekat dengan
masyarakat pada umumnya yang diluar mereka, karena tempat mereka tinggal dekat
dengan jalan raya dan tempatnya juga tidak terlalu jauh dari kota dan tempat
pembelanjaan kota salatiga. Akan tetapi, penulis mencoba melihat dan menulis
kehidupan mereka dalam kelompok saja dengan kelompok lainnya.
a. Pola
hidup dengan orang lain
Kelompok
tersebut mudah bergaul dengan kelompok masyarakat lain dan ramah kepada orang
lain. Jika, orang tersebut datang kepada kelompok tersebut, dan kelompok
tersebut tersebut juga dekat dengan kelompok sekitar desa tersebut, maupun
orang yang baru datang dan tinggal sebagai masyarakat didaerah tersebut.
b. Ciri
utama kekerabatan mereka
Kelompok
tersebut mempunyai ciri-ciri kekerabatan dengan saling tegur sapa. Mereka juga
biasanya berbicara dengan khas yaitu kelemah lembutan kepada semua orang yang
baru mereka kenal.
c. Pendekatan
Pendekatan
kepada mereka cukup dengan tegur sapa dan sopan santun dan mereka pasti
membantu kalau ada keperluan yang sangat penting. Pendekatan kepada tokohnya
itu cepat, karena kalau bias dekat dengan pemimpinnya, maka kita akan cepat
bias diterima di daerah tersebut.
d. Pandangan
mereka terhadap dunia luar
Kelompok
tersebut memandang dunia luar artinya manusia yang diluar kelompok dan
desa mereka adalah sama dengan mereka
dan mereka sangat memandang dunia luar dengan respon yang baik dan menerima
modrenisasi sebagai zaman yang baru yang harus diterima.
e. Pandangan
terhadap dunia spiritual
Kelompok
tersebut memandang dunia spiritual yang ada di tengah – tengah hidup masyarakat
harus disegani dan ditakuti oleh mereka karena takut. Orang – orang yang
merupakan guru spiritual seperti pendeta, ustad dan tokoh agama lainnya,
biasanya mereka selalu lebih menghargai dari pada orang biasanya.
6. Ekonomi dan Pendidikan
Tingkat perekonomian mereka adalah ekonomi menengah
ke atas. Dan penghasilan mereka setiap hari tidak menentu, tergantung seberapa
rezeki mereka yang mereka terima dari Tuhan dan dari hasil dari pekerjaan
mereka. Akan tetapi mereka bersyukur dan sadar bahwa mereka tidak mengharapkan
lebih, karena mereka juga rata-rata hanya lulus SMA dan bahkan ada yang lulus
tidak lulus dalam bersekolah. Sehingga potensi mereka juga tidak bisa mereka
temukan dan kembangkan, padahal mereka itu adalah orang – orang yang
berpotensi. Akan tetapi mereka sadar dengan pendidikanyang ada sehingga anak
–anak mereka juga telah mereka mereka sekolahkan untuk mencapai cita – cita
mereka.
Kelompok tersebut tidak berada dibawah politik
siapapun. Dan mereka tidak dalam tekanan pemerintah dalam beribadah, namun
mereka dibawah tekanan oleh organisasi agama dan kepercayaan yang mereka anut.
jadi, kalau mereka pindah agama dan kepercayaan, mereka akan dikucilkan oleh
penduduk yang seagama dengan mereka. Kelompok tersebut tidak dapat menerima
penginjil dengan cepat dan mau percaya kepada Tuhan, karena mereka takut
dikucilkan.
8. Undang
– undang dan hukum
Kelompok tersebut telah mendapat perhatian dari
pemerintah. Mereka telah mendapat JAMKESMAS dan mendapat bantuan dari
pemerintah. Jadi, kesetaraan telah ada bagi kelompok tersebut dengan masyarakat
Indonesia lainnya. Akan tetapi, kesejahteraan desa dari pemerintah telah
berjalan lancer semenjak dipimpin oleh bapak sunardi. “ kami sebagai pemimpin
di desa ini, kami selalu berjuan untuk mensejahterahkan desa kami”.[4]
Demikianlah penjelasan dari kepala dusun setempat. “ walaupun penduduk desa ada
yang sukar membayar PBB dan kadang sudah ditagih, namun tidak langsung diberi
oleh mereka, namun Ibu selalu bilang sama bapak tetap membantu mereka dengan
tulus hati.”[5]
9.
Kelompok tersebut kalau ada yang sakit, mereka
membawanya kepuskesmas. Penyakit yang sering mereka adalah penyakit lemah tubuh
dan karena sudah ada yang tua. Dalam kelompok tersebut yang mengatur rumah
tangga mereka adalah seorang ayah. Akan tetapi, kalau istri mereka meminta
kepada mereka, mereka sangat menghargai apa yang diminta istri mereka. Dalam
kesehatan mereka, biasanya mereka jarang mengalami penyakit aneh didaerah
mereka, mungkin karena daerah tempat tinggal penduduk tersebut sangat segar dan
masih banyak tumbuh – tumbuhan.
B. CARA PENGINJILAN KE DESA KENTENG
Penginjilan
adalah menyampaikan injil ALLAH kepada semua orang. penginjilan adalah cara
orang percaya untuk memberitakan kabar baik kepada semua orang, agar orang lain
juga dapat diselamatkan. “ Penginjilan adalah cara penyampain Injil Allah
kepada semua orang, agar mereka dapat diselamatkan, karena Injil mereupakan
kekuatan Allah yang menyelamatkan manusia dari semua dosa manusia.”[6]
Dari pengertian tersebut, maka tugas penginjilan adalah tugas semua orang
percaya kepada semua orang termasuk kepada desa kenteng tersebut.
Sebelum
mengabarkan Injil kedaerah tersebut, sebaikanya penginjil memilki hati dan
motivasi yang jelas dalam mengabarkanInjil ke daerah tersebut. Selain memiliki
motivasi yang jelas, juga harus memiliki tujuan yang jelas dan harus tahu
bagaimana cara agar diterima di daerah tersebut. Jadi, sangat penting penginjil
untuk belajar tentang desa kenteng tersebut. Selain memilki hal tersebut,
seorang penginjil yang mau masuk kedaerah tersebut haruslah memiliki hatin dan
hubungan yang dekat dengan Tuhan, dan juga seorang penginjil harus mengerti
Injil sebelum masuk kedaerah tersebut. Selain itu, seorang penginjil juga harus
rajin berdoa, membaca Firman, dan memilki karakter yang mau berubah serta
memiliki semangat dan hati yang mau dalam mewartakan Injil kepada penduduk
sekitar. Akan tetapi, saat ini penulis hanya memberikan masukan kepada semua
pembaca paper ini, apabila ingin masuk dan memberitakan Injil kedaerah tersebut
dapat memakai cara yang diberikan oleh penulis, dan mungkin dapat membantu para
penginjil untuk mewartakan Injil kedaerah tersebut.
1. Penginjilan
dengan kuasa
Penginjilan
Kuasa tidaklah semua orang memiliki Iman yang sama. Jadi, penginjilan dengan
kuasa hanya dapat dilakukan oleh orang yang memilki hubungan yang dekat dengan
Tuhan. Akan tetapi, semua orang percaya dapat menggunakan atau dapat menginjil
dengan kuasa Allah, asal orang percaya membuaka hati dan memilki Iman kepada
Tuhan Yesus dengan sungguh – sungguh.
“Penginjilan dengan kuasa adalah penginjilan dengan
menggunakan kuasa Tuhan, dan pimpinan Roh Kudus untuk dapat memberitakan Injil
dengan ditandai kuasa dan mujizat Allah, sehingga dengan hal tersebut,
masyarakat sekitar dapat mengenal Kristus”.[7] Dari
pengertian tersebut jelaslah bahwa seorang penginjil apabila menginjil dengan
penginjilan Kuasa Allah haruslah menjaga hidupnya agar Fokus kepada Tuhan
Dengan melakukan penginjilan dengan Kuasa, mungkin seorang penginjil yang masuk
kedaerah Kenteng akan mudah diterima oleh penduduk tersebut dan mereka dapat
mengenal Kristus dalam Kehidupan mereka dan mereka akan percaya kepada Yesus
Kristus.
2. Penginjilan
dengan persahabatan
Penginjilan
denganbersahabat adalah penginjilan dengan bersahabat kepada penduduk sekitar
dan mau mengikuti dan menerima cara hidup penduduk sekitar, dan mau menerima
budaya mereka yang tidak melanggar aturan iman Kristen. Kalau melanggar iman
Kristen, mungkin cara budaya desa tersebut harus diubah konsep pemikiran mereka
terhadap Tuhan, sehingga tidak menimbulkan perselisihan. Penginjilan dengan
persahabatan adalah berusahalah agar diterima di daerah tersebut dan lakukan
pekerjaan yang baik, dan menjadi contoh didaerah tersebut. Berusahalah tidak
menyinggung hati masyarakat sekitar agar tidak menimbulkan kebencian terhadap
penginjil. Maka dengan dapat diterima dan menjadi contoh yang baik, mungkin
seorang penginjil akan dilihat hidupnya sehingga dengan memberikan yang terbaik
di desa tersebut, masyarakat dapat mengenal Injil dan menerima Yesus sebagai
Tuhan dalam hidup mereka.
3. Penginjilan
dengan membantu mereka
Penginjilan dengan membantu mereka adalah
penginjilan dimana seorang penginjil dapat membantu aspek kehidupan penduduk
setempat dan dapat menjadi garam dan terang di tengah – tengah desa tersebut.
Ada beberapa cara yang diusulkan penulis untuk melakukan penginjilan dengan
membantu mereka yaitu
a. Membuat
pasar murah
Pasar
murah adalah penjualan sembako dan barang – barang lain yang dijual dengan
harga yang lebih murah dari harga took dan harga biasanya. Penjualan sembako
murah merupakan cara yang diusulkan penulis untuk dapat dilakukan penginjil,
ataupun lembaga gereja atau organisai untuk dapat mewartakan Injil kedaerah
tersebut. Pasar murah tersebut dapat dilakukan karena desakan kebutuhan manusia
yang semakin tinggi, khususnya di daerah tersebut membutuhkan hal tersebut.
Dengan membuat pasar murah, mungkin Injil dapat diberitakan dan hal tersebut
adalah cara menunjukkan kasih Kristus bagi mereka.
Ada beberapa gerja yang telah membuat
pasar murah dan berhasil dalam pelayanan mereka dalam memberitakan Injil dan
banyakl jiwa dimenangkan. “ gereja yang Tuhan percayakan kepada kami, mengalami
peningkatan jumlah jiwa baru setiap Tahun, itu semua diawali dengan kami
bergerka membuat pasar murah dan memberikan orang – orang miskin makan, dengan
hal tersebut merka dapat merasakan kasih Yesus.”[8]
Jelaslah memang cara tersebut berhasil, dan dapat dikembangkan oleh setiap
penginjil yang mau masuk kedaerah tersebut, namun hal ini bukanlah cara yang
utama atau yang harus dilakukan. Hal ini adalah salah satu cara saja yang
disarankan oleh penulis.
b. Membuat
rumah pintar
Membuat Rumah Pintar adalah istilah untuk menolong
masyarakat dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan prestasi anak sekolah maupun
memberikan informasi bagi masyarakat sekitar. Rumah pintar merupakan cara yang
diusulkan oleh penulis untuk dapat dikerjakan didaerah tersebut, karena melihat
kurangnya potensi masyarakat didaerah tersebut. Akan tetapi, rumah pintar
bukanlah cara yang utama, namun juga banyak cara yang dapat dikembangkan oleh
penginjil yang mau memberitakan Injil ke daerah tersebut.
Ada yang telah melakukan dan mengerjakan rumah
pintar didaerah tersebut yaitu sebuah keluarga kasih yang dipimpin oleh mami
agnes, nama tersebut adalah sebutan bagi mbk agnes yang merupakan pemimpin di
tempat tersebut. “ awal mulanya kami ditolak, karena kami memberikan les bagi
anak – anak sekitar, namun saat ini, kami telah menjadi berkat buat desa
Kenteng ini, kami telah berdiri dua tahun dan telah diterima oleh penduduk
sekitar, dan orang yang mau les ditempat kami, biasanya mendapat juara. Jadi,
kami hanya memberikan hasil yang maksimal.”[9]
Jadi, jelaslah, bahwa peningkatan mutu pendidikan didaerah tersebut sangat
dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, jelas juga sangat penting dilakukan, karena
ytelah ada sebauh oraganisasi yang berhasil melakukannya berhasil. Demikianlah
penulis menulis dan memberikan usul tersebut untuk dapat dikembangkan dengan
baik.
BAB III
KESIMPULAN
Kelompok masyarakat tersebut adalah kelompok
masyarakat yang hidup dengan nyaman dan baik, dan hidup dengan adat istiadat
jawa yang kental, walaupun hidup dengan kepercayaan yang berbeda-beda, namun
masyarakat tersebut dapat menerima perbedaan. Pola kehidupan masyarakat
tersebut adalah pola hidup yang rukun dan damai dan memiliki tutur kata yang
lembut, sopan santun diantara sesama manusia.
Selain
hal tersebut, masyarakat tersebut adalah masyarakat yang dapat menerima
perbedaan yang ada dengan baik dengan orang yang baru yang masuk kedaerah
tersebut, asal dengan sopan santun dan tidak membuat kekacauan. Kehidupan
ekonomi masyarakat sekitar adalah kehidupan masyarakat yang memiliki ekonomi
menengah kje bawah. Akan tetapi, mereka selalu bersyukur dengan apa yang mereka
terima dari Tuhan.
Selain
hal tersebut, masyarakat sekitar kenteng memeilki tarap pendidikan yang
menengah kebawah yaitu SMA, dan respon masyarakat tersebut dengan kehidupan
politik tidak mempengaruhi masyarakat tersebut. Karena menurut mereka yang
penting hidup damai dan aman itu cukup bagi mereka. Demikianlah penulis dapat
menyimpulkan tulisan tersebut yang bertujuan untuk membantu pembaca mendapatkan
informasi tentang daerah tersebut.
[1]
Informasi dari bapak Daryanto.
[2]
Wawancara dengan bapak Suparmin.
[3]
Wawacara dengan bapak Hardi.
[4]
Wawancara dengan bapak Hardi.
[5]
Wawancara dengan ibu Hardi.
[6]
Diktat pak Samuel Wasikin, S.Th.
[7]
Ibid.
[8]
Kata – kata dari bapak Viktor waktu diundang di Golden Times.
[9]
Wawancara dengan Mbak Agnes.
Kamis, 12 April 2012
AKU KEHILANGANNYA
Pengarang: Riyanti
Ada cocok dalam Hati
Namun,semuanya tak sejalan
Ia menutup diri tak seperti biasanya
Entah,apa yang hadir dalam Hidupnya kini
Ada kehilangan untuk mengerti Dirinya
Saat ini…
Kadang…
Ingin sekali mendengar kembali
Ia berucap, meskipun tak berarti
Mungkin, Ia menahan semua itu
Atau kini Ia tak ingin berungkap padaku lagi
Seperti sediakala…
Ingin sekali mendengar kembali
Ia berucap, meskipun tak berarti
Mungkin, Ia menahan semua itu
Atau kini Ia tak ingin berungkap padaku lagi
Seperti sediakala…
Entahlah,seperti ada rasa Cemburu tuk menghargai Pribadinya
BY: RIYANTI
Pengarang: Charly
Kuhembuskan nafasku dalam hidup
Indah kesunyian dalam mimpi
Diam ku seribu bahasa
Diam menyimpan dalam perih
Sesumbar ku katakan aku bisa hidup sendiri
Tanpamu kawanku.....
Indah kesunyian dalam mimpi
Diam ku seribu bahasa
Diam menyimpan dalam perih
Sesumbar ku katakan aku bisa hidup sendiri
Tanpamu kawanku.....
Namun dalam hati aku teriak
Teriak tiada henti
Menangis dalam kepedihan
Kesuyian yang selalu menemani
Dan selalu menghampiri
Selalu dan selalu.....
Teriak tiada henti
Menangis dalam kepedihan
Kesuyian yang selalu menemani
Dan selalu menghampiri
Selalu dan selalu.....
Hingga aku merasa lelah
Untuk melepaskannya dan meninggalkannya
Kapan kesunyian dan kehampaan ini pergi
Ku lepas dan ku tinggalkan
Untuk melepaskannya dan meninggalkannya
Kapan kesunyian dan kehampaan ini pergi
Ku lepas dan ku tinggalkan
Kapan.....
Adakah secercah harapan
Menyelimuti diri dan merasuk ke hati
Adakah....
Dimana harus ku mencari?
Kawan pengganti seperti engkau.?. . ........
Menyelimuti diri dan merasuk ke hati
Adakah....
Dimana harus ku mencari?
Kawan pengganti seperti engkau.?. . ........
MARIA NOMBALA (STTS)
Selasa, 10 April 2012
Menulis Berita dengan Rumus 5W+1H
W1 = What
W2 = Who
W3 = When
W4 = Where
W5 = Why
H = How
1. WHAT dalam bahasa indonesia adalah “Apa“. Bisa diartikan apa yang akan kita tulis atau tema yang akan kita tuangkan dalam bentuk tulisan. What bisa diartikan apa saja. Seperti kita membicarakan, “Apakah Manohara yang di Malaysia akan kembali ke pelukan ibunya yang ada di Indonesia ?. Dan perlu di ingat, “WHAT” merupakan dasar dari 4 W lainnya.
2. WHO dalam bahasa indonesia adalah “SIAPA“. Bisa di ibaratkan tokoh cerita dari “WHAT“. Misalkan contoh dalam kasus Antasari, Nasrudin dan Rani. Sebagai penulis kita harus mengerti bagian point ini. Yakni harus berkaitan dengan “WHAT“. Karena akan membuat suatu tulisan itu menjadi hal yang menarik untuk disimak selanjutnya.
3. WHEN diartikan adalah “Kapan” atau bisa disebut “Waktu Kejadian dari WHat“. Ini adalah hal yang ringan tetapi menjadi bumbu penulisan yang menjadi pertanyaan. “Kapan penembakan Nasrudin itu terjadi ?”. Selain itu bisa menjadikan suatu imajinasi atau bayangan sang pembaca.
4. WHERE diartikan dengan tempat kejadian WHAT. Ini adalah bumbu lain yang berkaitan dengan “WHAT”. Seperti “Dimana Manohara sekarang ini ? Apakah masih bersama sang Pangeran Malaysia ? ” saling berkaitan bukan.
5. WHY diartikan sebagai “MENGAPA terjadi dalam point WHAT“. Ini adalah penjelasan dari penulisan yang sedang dibuat, semuanya dikupas tuntas di bagian ini. Seperti contoh sebagai berikut “Mengapa terjadi pembunuhan terhadap Ketua KPK indonesia apakah hukum akan bertindak demi sebuah keadilan dan menguak tuntas kebenaran.”
6. HOW diartikan “Bagaimana dari point What itu terjadi”, seperti jalannya proses, lika – liku dan lain – lain.
Selasa, 03 April 2012
Menulis Novel Sebuah Kisah Nyata ...
Menulis Cerpen Berdasarkan Kisah Nyata
To download image = right
click image > click "Save Picture As". Enjoy...
Jadi saya berencana untuk menulis sebuah novel tentang hidup saya ... baik salah satu bagian pula. Singkat cerita, itu akan menjadi bagian fiksi bagian kisah nyata. Masalahnya, saya akan menggunakan karakter yang benar-benar ada. Sebagai contoh, saya akan menggunakan beberapa hal teman saya "Bob" kata saya.
Jika saya menggunakan Bob sebagai karakter dan hal-hal dia mengatakan
kepada saya, agak kata demi kata, yang terjadi tahun lalu ... dia bisa
menuntut saya jika saya menerbitkan buku untuk menggunakan kata-katanya
(dari percakapan) dan untuk menggunakan dia sebagai karakter BAHKAN jika
saya mengubah nama itu, tapi masih menyimpan chracter yang tampak
seperti dia.
Apakah ada cara dia tak bisa menuntutku?
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://answers.yahoo.com/question/index%3Fqid%3D20080724210906AAMbArP
Menganalisis Rejeki Dari Penulis
Manusia hidup di dunia perlu rezeki. Baik
berupa materi seperti makanan, pakaian tempat tinggal dan sebagainya
atau yang bersifat non materi seperti ilmu, kasih sayang dan lainnya.
Namun, mencari rezeki tidak selalu mudah. Terkadang, walau sudah kerja
keras memeras keringat membanting tulang, rezeki yang diharapkan belum
juga tergapai. Dalam buku ini, dipaparkan 7 jurus sakti untuk meraih
rezeki. Kiat-kiat atau jurus-jurus tersebut memang bisa dipraktekkan
sebagian, namun tentu akan memberi hasil yagn lebih dahsyat apabila
dikerjakan sekaligus secara sinergis.
Dari
ketujuh kiat yang disajikan dalam buku ini, mungkin hanya kiat pertama
saja yang masuk akal. Keenam kiat lainnya sekilas tidak berhubungan
dengan perolehan rezeki apalagi yang bersifat materi seperti uang, rumah
atau mobil. Namun, logika memang tidak selamanya sesuai dengan
kenyataan dan akal tidak selalu mampu menganalisa. Sudah banyak terbukti
dengan adanya orang-orang yang kurang mampu namun mereka entah
bagaimana bisa menunaikan ibadah haji yang sangat mahal ongkos dan
biayanya.
Kiat
pertama, yaitu ikhtiar, bisa dibilang merupakan fondasi dari kiat-kiat
atau jurus-jurus lainnya. Jika diumpamakan pesilat, maka ikhitiar ini
adalah kuda-kudanya. Tanpa kuda-kuda yang kuat dan tangguh, sehebat dan
seindah apapun jurus yang dimainkan, tidak akan ada gunanya. Baru
mengeluarkan satu atau dua jurus, kaki sudah tumbang terlebih dahulu
dijegal oleh lawan. Maka, tidak mengherankan apabila Khalifah Umar Bin
Khattab pernah mengusir beberapa pemuda yang berdiam di masjid saat
orang lain bekerja. Umar mengatakan bahwa langit tidak akan
mengeluarkan hujan emas, rezeki harus dijemput dengan ikhtiar yang benar
dan sungguh-sungguh.
Namun,
ikhtiar semata tanpa ditunjang 6 jurus lainnya juga tidak akan banyak
manfaatnya. Dengan bekerja keras, seseorang bisa mendapatkan harta
benda yang dia inginkan. Namun, manusia memiliki kebutuhan lebih dari
sekedar kebutuhan material. Mereka membutuhkan cinta dan kasih sayang
serta spiritualitas. Orang yang hanya terpenuhi kebutuhan materialnya
akan mudah stress dan frustasi. Tumpukan stress itu akan membuat orang
menjadi depresi dan patah semangat. Bahkan bukan tidak mungkin sampai
nekat bunuh diri.
Oleh
karena itu, kiat-kiat selain ikhtiar sangat membantu dalam perolehan
rezeki lebih banyak lagi. Misalnya, orang yang suka melaksakan
sholat-sholat sunnah seperti Dhuha dan Tahajjud akan dekat pada Allah
SWT sehingga banyak uruusannya yang dimudahkan dan bisa dapat rezeki tak
terduga. Sedangkan orang yang suka berbakti pada orang tua akan
mendapat doa-doa dari keduanya. Doa-doa tersebut akan membantu orang
tersebut dalam ikhtiarnya mencari rezeki. Sehingga, ikhtiar yang baik
akan semakin baik apabila diiringi dengan 6 jurus atau kiat yang
dijelaskan dalam buku ini.
Selain
menyajikan 7 jurus sakti untuk mendapat lebih banyak rezeki, buku ini
juga dilengkapi kisah-kisah orang-orang yang sukses menjemput rezeki.
Orang-orang itu ada yang dari luar negeri maupun dari dalam negeri.
Sehingga, tidak ada lagi alasan yang berbunyi "terang aja dia sukses,
dia kan dari suku ..., atau dia kan dari luar negeri dan sejenisnya.
Buku
ini memang terbilang sederhana jika dibandingkan dengan karya-karya
sejenis seperti buku 7 Keajaiban Rezeki yang ditulis oleh Ippho Santosa
misalnya. Namun, kesederhanaan buku ini justru membuatnya lebih mudah
dipahami dan dipraktekkan secara bertahap. Ukuran yang kecil dan
ringkas membuat buku ini mudah dibawa ke mana-mana. Sehingga, bisa
dibaca dengan mudah saat ada waktu luang di kantor atau saat dalam
perjalanan. Kita pun akan lebih siap untuk menyongsong dan menyambut
rezeki lebih banyak lagi, Insya Allah. (Muhammad Nahar)
http://wasathon.com/resensi-buku/read/mendobrak_pintu_rezeki_dengan_7_jurus_sakti_warisan_nabi/
Langganan:
Postingan (Atom)